Sabtu, 10 Oktober 2015

Tugas bahasa indonesia 3

Diksi atau pilhan kata

Tidak semua orang dapat mengungkapkan perasaan atau gagasan dengan bahasa yang tepat atau baik. Hal ini sangat dipengaruhi oleh penguasaan pembendaharaan kata seseorang. Semakin banyak kosa kata yang dimiliki seseorang maka pemilihan kata dalam bahasa akan semakin baik guna menyesuaikan bahasa yang akan digunakan dalam kehidupan.

Ada begitu banyak kata dalam bahasa indonesia, beberapa kata memiliki makna yang sama seperti aku, sama, gue, dan lain sebagainya. Kata-kata tersebut memiliki makna yang sama namun kesan yang dimiliki sangat berbeda-beda. Tentu pemilihan kata ini dilakukan dengan memperhatikan kondisi dimana ia berbicara atau sedang berbicara kepada siapa. Pemilihian kata ini dikenal dengan istilah diksi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, diksi adalah pemilihan kat yang tepat dan selaras dalam penggunaanya sehingga dapat memberikan kesan / makna / efek sesuai dengan harapan.

contoh :


-polisi itu meninggal setelah sempat di bawa ke rumah sakit

Kata meninggal digunakan untuk mati dalam keadaan normal dan bagi orang baik.

-kepala sekolah smk itu wafat pada pagi hari 

wafat dan berpulang lebih tepat digunakan untuk orang yang menjadi pimpinan, misalnya presiden, perdana menteri dan gubernur dan lain-lain.



sumber:
http://www.kelasindonesia.com/2015/05/pengertian-diksi-dan-contohnya-lengkap.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar