Sabtu, 09 Januari 2016

BAHASA INDONESIA TUGAS TULISAN

Proposal Penulisan Ilmiah

Depok,  10 januari 2016
Hal    : Proposal Penulisan Ilmiah
Kepada
......................................
Pembimbing Penulisan Ilmiah
Di Tempat
Dengan Hormat,
Dengan ini saya :
Nama                             : Mawardi gayo
NPM                              : 15113366
Fakultas / Jurusan          : Ilmu Komputer / Sistem Informasi
Kelas                              : 3 KA 11
Bermaksud mengajukan proposal penulisan ilmiah.
Saya menyatakan bersedia dan sanggup menyelesaikan penulisan saya sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak Universitas Gunadarma apabila proposal penulisan ilmiah saya disetujui.
Sebagai bahan pertimbangan, dengan ini juga saya lampirkan proposal penulisan saya yang berjudul ”Pembuatan E-learning Berbasis Web”. Demikian surat pengajuan proposal  ini  saya buat, atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak, saya ucapkan terimakasih.



                                                                                                  Hormat Saya



                                                                                                ( Mawardi gayo )





Pembuatan E-learning Berbasis Web


Proposal Penulisan Ilmiah


1.1  Latar Belakang Masalah
       Di Era Modern sekarang kebutuhan dalam mendapatkan data secara tepat dan mudah semakin menjadi kebutuhan pokok dalam berbagai bidang. Khusunya pada perkembangan teknologi internet yang telah menjadi  familiar di dalam kehidupan masyarakat umum. Salah satu contohnya yaitu dikalangan anak-anak pada era sekarang  banyak  sekali yang menggunakan Hp smartphone, notebook,tablet,dan alat-alat  teknologi yang lainnya hanya untuk bermain game, chatting, untuk mengerjakan tugas , maupun membantu di dalam  proses belajar mengajar. Sekarang ini banyak sekali metode belajar mengajar yang menggunakanya salah satunya yaitu Elektronic Learning atau  sering yang kita kenal dengan istilah E-learning.
       E-learning menurut Rosenberg (2001) bahwa merujuk pada penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.  Dengan adanya E-learning para pengajar serta murid ataupun mahasiswa sangatlah terbantu di dalam proses belajar mengajar, karena e-learning sifatnya lebih efisiensi waktu dan dapat berbagi banyak ilmu pengetahuan serta keterampilan kepada masyarakat.
        E-learning juga dapat dilakukan secara informal dengan interaksi yang lebih sederhana, salah satu contohnya yaitu melalui sarana mailing list, e-newsletter atau website pribadi, organisasi dan perusahaan yang ingin mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan ataupun keterampilan tertentu kepada masyarakat luas.

1.2 Batasan Masalah
      Dalam  penulisan ilmiah ini hanya akan membahas tentang mengenai “Web E-learning yang mengenai belajar membaca untuk anak-anak usia balita sampai sekolah dasar serta untuk murid ataupun mahasiswa yang mengenai belajar tentang ilmu pengetahuan serta keterampilan ”, yang berguna untuk memudahkan dan menumbuhkan pengetahuan pada anak kecil dalam mengenal alphabet  Serta membuat anak-anak murid atupun mahasiswa lebih efektif dalam proses belajar.

1.3 Rumusan Masalah
      Berdasarkan  latar belakang masalah dapat diperoleh rumusan masalah yaitu :
1. Apa pengertian dari e-learning?
2. Apa manfaat e-learning?
3. Bagaimana konsep program e-learning?
4. Bagaimana cara menghindari kegagalan e-learning?
5. Bagaimana strategi penggunaan e-learning?

1.4  Metode Penelitian
       Metode penelitian pada penulisan ini yaitu menggunakan metode : Studi pustaka yang mengumpulkan semua data dengan cara membaca dari literatur ataupun buku-buku yang berhubungan dengan semua objek penelitian sebagai bahan landasan teori serta landasan untuk analisis dan Studi lapangan seperti dalam bentuk observasi ataupun pengamatan secara langsung pada objek yang akan diteliti.
Penulisan Ilmiah ini disusun secara sistematis melalui beberapa tahap, yaitu:        
1. Pengumpulan data/informasi.
2. Perancangan struktur navigasi dan perancangan tampilan.
3. Pembuatan web.
4. Publikasi web.
5. Pengujian web.

1.5  Sistematika Penulisan
      Agar mempermudah dalam pembahasan dan penyajian penulisan untuk tugas akhir, maka penulisan ilmiah ini akan memberikan gambaran sistematika penyusunan dalam pembuatan tugas akhir yaitu sebagai berikut :

BAB I  :  PENDAHULUAN
            Pada bab ini dalam penulisannya yaitu menjelaskan tentang latar belakang masalah, batasan masalah, metode penelitian, dan  sistematika yang disajikan dalam penulisan.

BAB II :  LANDASAN TEORI
            Pada bab ini dalam penulisannya yaitu menjelaskan teori-teori yang mendukung atau yang berhubungan dengan    penulisan ilmiah ini serta ruang lingkup tentang internet, E-learning, Dreamweaver, HTML.

BAB III :  PENUTUP
             Pada bab  ini dalam penulisannya merupakan bab penutup yang berisikan kesimpulan dari keseluruhan pembahasan penulisan ilmiah ini untuk pengembangannya dan saran.

SUMBER :
http://ria-ardiza.blogspot.co.id/2014/01/contoh-proposal-penulisan-ilmiah.html
adithimz.blogspot.co.id/2013/05/proposal-penulisan-ilmiah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar