Tabel Analisis
e-commerce
No
|
|
Tokopedia
|
Lazada
|
1.
|
Harus membuat akun sebelum membeli
|
ü
|
ü
|
2.
|
Tidak menjual barang sendiri
|
X
|
ü
|
3.
|
Terdapat bagian kategori barang
|
ü
|
ü
|
4.
|
Terdapat banyak jenis/variasi barang
|
ü
|
ü
|
5.
|
Terdapat spesifikasi barang / keterangan barang
|
ü
|
ü
|
6.
|
Dapat login menggunakan facebook/ google plus/
twitter
|
ü
|
ü
|
7.
|
Jika data yang dimasukan tidak lengkap akan ada
peringatan
|
ü
|
ü
|
8.
|
Setiap tahapan transaksi dikonfirmasi melalui email
|
ü
|
ü
|
9.
|
Metode COD
|
X
|
ü
|
10.
|
Metode pengiriman menggunakan Go-Jek
|
ü
|
ü
|
11.
|
Metode bayar melalui bank/transfer/kartu kredit
|
ü
|
ü
|
12.
|
Metode bayar melalui alfa group/ indomaret
|
ü
|
X
|
13.
|
Dapat melakukan pembatalan pesanan
|
ü
|
ü
|
14.
|
Aplikasi untuk IOS dan Android
|
ü
|
ü
|
15.
|
Fitur live chat
|
X
|
ü
|
16.
|
Dapat melakukan interaksi dengan penjual
|
ü
|
X
|
|
Jumlah
|
13
|
14
|
Pada
kesempatan kali ini kelompok kami akan menganalisa 2 perusahaan e-commerce
yaitu Tokopedia dan Lazada dalam segi transaksinya. Kita akan membahasnya dari
point per point. Dimulai dari point 1 yaitu membuat akun, pada kedua e-commerce
tersebut membuat akun sangatlah wajib, karna jika tidak mempunyai akun kita
tidak dapat membeli barang. Selanjutnya point 2, Di Tokopedia kita bisa membuka
lapak dengan mendaftarkan toko online kita beserta barang yang akan kita jual,
namun dari Lazada kita tidak bisa menjual barang kita sendiri karena semua
barang disediakan oleh pihak Lazada. Selanjutnya point 3, pada Tokopedia maupun
Lazada kita bisa menemukan kategori barang, yang berguna untuk mengsortir jenis
barang yang akan keluar ketika akan dicari. Selanjutnya point 4, Tokopedia dan
Lazada menyediakan berbagai macam barang dari macam-macam elektronik, pakaian,
maupun otomotif. Selanjutnya point 5, dikedua perusahaan tersebut ketika kita
telah memilih suatu barang maka kita dapat melihat bentuk gambar dan
spesifikasi barang tersebut, sehingga barang yang kita pilih sesuai dengan bentuk aslinya. Selanjutnya point 6, Selain
membuat akun ditempat yang telah disediakan , Lazada dan tokopedia juga memfasilitasi
customer dengan aplikasi yang terhubung dengan google+, facebook, dan twitter
sehingga customer tidak perlu membuat akun lagi untur bisa bertransaksi online.
Selanjutnya point 7, Pada saat melakukan langkah transaksi di Lazada dan
Tokopedia, jika kita salah dalam memasukan data , kurang lengkap mengisi
keterangan ataupun terdapat kolom yang terlewat maka akan muncul peringatan
tanda ! berwarna merah agar kita segera melengkapinya. Selanjutnya point 8,
pada Tokopedia dan Lazada setiap kita telah melakukan transaksi maka bukti
pembayaran yang dapat kita peroleh adalah berupa email yang didalamnya terdapat
jenis barang, data pribadi, tanggal, dan tentunya kode pembayaran. Selanjutnya
point 9, pada saat menentukan metode pengiriman tokopedia tidak mempunyai fitur
COD hanya ada fitur transfer, tetapi Lazada mempunyai fitur pembayaran COD maka
customer bisa melakukan transaksi COD. Selanjutnya point 10, Tokopedia dan
Lazada mempunyai kerjasama dengan GO-JEK sehingga customer dapat menggunakan
fitur go-send yang dimiliki oleh GO-JEK. Selanjutnya point 11, Tokopedia dan
Lazada tentunya mempunyai akses transaksi bank, transfer, dan kartu kredit
untuk memudahkan pelanggannya. Selanjutnya point 12, tokopedia mempunyai
kerjasama dengan retail alfamart/ indomart sehingga pelanggan dapat membayar
melalu kasir, namun Lazada tidak mempunyai metode pembayaran seperti itu.
Selanjutnya point 13, pada Tokopedia dan Lazada kita dapat membatalkan pesanan
pada saat sesudah transaksi , namun pelanggan terkena biaya potongan saat akan
membatalkan pemesanan. Selanjutnya point 14, Tokopedia dan Lazada dapat di
aplikasikan dalam android dan ios sehingga para pelanggan tidak perlu sampai
menggunakan kompter karna dapat di akses melalui gadget. Selanjutnya point 15,
Tokopedia tidak mempunyai fitur live chat pada aplikasinya tetapi Lazada
mempunyai fitur live chat sehingga pelanggan dapat berinteraksi dengan customer
service. Selanjutnya yang terakhir point 16, Tokopedia mempunyai keunggulan
dapat berinteraksi dengan pemilik toko maka kita dapat menanyakan semua hal
barang kepada penjual, namun Lazada tidak memilikinya.
Kesimpulan:
Lazada unggul 1
angka dalam perolehan point dari Tokopedia , kedua e-commerce tersebut
mempunyai kelebihannya masing masing. Menurut kami perbedaan yang paling
berpengaruh yang sama-sama tidak dimiliki dalam pemesanan sampai lancarnya
tansaksi adalah keunggulan Tokopedia pada pelanggan dapat berinteraksi dengan
pemiliki toko sehingga penjual dapat spesifikasi dengan jelas tentang jenis
barang yang akan dibeli dan dapat membayar transaksi di toko retail indomart
dan alfa, serta keunggulan fitur live chat yang dimiliki Lazada sehingga
pelanggan dengan mudah dapat menyampaikan keluhan atau saran tentang transaksi jika kita memerlukannya agar
transaksi dapat berjalan dengan lancar.
ANALISIS KINERJA SISTEM
4 KA 11
HASIL ANALISA E-COMMERCE TOKOPEDIA dan LAZADA
NAMA KELOMPOK
Ahmad Farhan
Bimo Risdianto
Mawardi gayo
Riska Maharani
Ryan Kresna
Tidak ada komentar:
Posting Komentar