Senin, 16 Januari 2017

TUGAS AKS ANALISA E-COMMERCE TOKOPEDIA dan LAZADA

Tabel Analisis e-commerce
No

Tokopedia
Lazada
1.
Harus membuat akun sebelum membeli
ü   
ü   
2.
Tidak menjual barang sendiri
X
ü   
3.
Terdapat bagian kategori barang
ü   
ü   
4.
Terdapat banyak jenis/variasi barang
ü   
ü   
5.
Terdapat spesifikasi barang / keterangan barang
ü   
ü   
6.
Dapat login menggunakan facebook/ google plus/ twitter
ü   
ü   
7.
Jika data yang dimasukan tidak lengkap akan ada peringatan
ü   
ü   
8.
Setiap tahapan transaksi dikonfirmasi melalui email
ü   
ü   
9.
Metode COD
X
ü   
10.
Metode pengiriman menggunakan Go-Jek
ü   
ü   
11.
Metode bayar melalui bank/transfer/kartu kredit
ü   
ü   
12.
Metode bayar melalui alfa group/ indomaret
ü   
X
13.
Dapat melakukan pembatalan pesanan
ü   
ü   
14.
Aplikasi untuk IOS dan Android
ü   
ü   
15.
Fitur live chat
X
ü   
16.
Dapat melakukan interaksi dengan penjual
ü   
X

Jumlah
13
14
     
            Pada kesempatan kali ini kelompok kami akan menganalisa 2 perusahaan e-commerce yaitu Tokopedia dan Lazada dalam segi transaksinya. Kita akan membahasnya dari point per point. Dimulai dari point 1 yaitu membuat akun, pada kedua e-commerce tersebut membuat akun sangatlah wajib, karna jika tidak mempunyai akun kita tidak dapat membeli barang. Selanjutnya point 2, Di Tokopedia kita bisa membuka lapak dengan mendaftarkan toko online kita beserta barang yang akan kita jual, namun dari Lazada kita tidak bisa menjual barang kita sendiri karena semua barang disediakan oleh pihak Lazada. Selanjutnya point 3, pada Tokopedia maupun Lazada kita bisa menemukan kategori barang, yang berguna untuk mengsortir jenis barang yang akan keluar ketika akan dicari. Selanjutnya point 4, Tokopedia dan Lazada menyediakan berbagai macam barang dari macam-macam elektronik, pakaian, maupun otomotif. Selanjutnya point 5, dikedua perusahaan tersebut ketika kita telah memilih suatu barang maka kita dapat melihat bentuk gambar dan spesifikasi barang tersebut, sehingga barang yang kita pilih sesuai dengan  bentuk aslinya. Selanjutnya point 6, Selain membuat akun ditempat yang telah disediakan , Lazada dan tokopedia juga memfasilitasi customer dengan aplikasi yang terhubung dengan google+, facebook, dan twitter sehingga customer tidak perlu membuat akun lagi untur bisa bertransaksi online. Selanjutnya point 7, Pada saat melakukan langkah transaksi di Lazada dan Tokopedia, jika kita salah dalam memasukan data , kurang lengkap mengisi keterangan ataupun terdapat kolom yang terlewat maka akan muncul peringatan tanda ! berwarna merah agar kita segera melengkapinya. Selanjutnya point 8, pada Tokopedia dan Lazada setiap kita telah melakukan transaksi maka bukti pembayaran yang dapat kita peroleh adalah berupa email yang didalamnya terdapat jenis barang, data pribadi, tanggal, dan tentunya kode pembayaran. Selanjutnya point 9, pada saat menentukan metode pengiriman tokopedia tidak mempunyai fitur COD hanya ada fitur transfer, tetapi Lazada mempunyai fitur pembayaran COD maka customer bisa melakukan transaksi COD. Selanjutnya point 10, Tokopedia dan Lazada mempunyai kerjasama dengan GO-JEK sehingga customer dapat menggunakan fitur go-send yang dimiliki oleh GO-JEK. Selanjutnya point 11, Tokopedia dan Lazada tentunya mempunyai akses transaksi bank, transfer, dan kartu kredit untuk memudahkan pelanggannya. Selanjutnya point 12, tokopedia mempunyai kerjasama dengan retail alfamart/ indomart sehingga pelanggan dapat membayar melalu kasir, namun Lazada tidak mempunyai metode pembayaran seperti itu. Selanjutnya point 13, pada Tokopedia dan Lazada kita dapat membatalkan pesanan pada saat sesudah transaksi , namun pelanggan terkena biaya potongan saat akan membatalkan pemesanan. Selanjutnya point 14, Tokopedia dan Lazada dapat di aplikasikan dalam android dan ios sehingga para pelanggan tidak perlu sampai menggunakan kompter karna dapat di akses melalui gadget. Selanjutnya point 15, Tokopedia tidak mempunyai fitur live chat pada aplikasinya tetapi Lazada mempunyai fitur live chat sehingga pelanggan dapat berinteraksi dengan customer service. Selanjutnya yang terakhir point 16, Tokopedia mempunyai keunggulan dapat berinteraksi dengan pemilik toko maka kita dapat menanyakan semua hal barang kepada penjual, namun Lazada tidak memilikinya.

Kesimpulan:
 Lazada unggul 1 angka dalam perolehan point dari Tokopedia , kedua e-commerce tersebut mempunyai kelebihannya masing masing. Menurut kami perbedaan yang paling berpengaruh yang sama-sama tidak dimiliki dalam pemesanan sampai lancarnya tansaksi adalah keunggulan Tokopedia pada pelanggan dapat berinteraksi dengan pemiliki toko sehingga penjual dapat spesifikasi dengan jelas tentang jenis barang yang akan dibeli dan dapat membayar transaksi di toko retail indomart dan alfa, serta keunggulan fitur live chat yang dimiliki Lazada sehingga pelanggan dengan mudah dapat menyampaikan keluhan atau saran  tentang transaksi jika kita memerlukannya agar transaksi dapat berjalan dengan lancar.

ANALISIS KINERJA SISTEM

4 KA 11

HASIL ANALISA E-COMMERCE TOKOPEDIA dan LAZADA



NAMA KELOMPOK

Ahmad Farhan
Bimo Risdianto
Mawardi gayo
Riska Maharani

Ryan Kresna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar